Home » Uncategorized » Tips Memilih Jenis Usaha
Wednesday, January 2nd 2013. | Dipublish oleh rian

Setiap akan memulai usaha selalu diawali dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan kita. Biasanya sebelum memilih jenis usaha kita memiliki banyak ide bisnis yang akan dijalankan. Ide bisnis yang banyak perlu disaring, dipertimbangkan dan akhirnya pilih yang paling mungkin dijalankan dan paling menguntungkan. Selain itu pertimbangan lain adalah potensi keuntungan dari jenis usaha yang dipilih, karena bagaimanapun sebuah usaha bisnis tujuan akhirnya adalah keuntungan. Sebaliknya meski ide bisnis memiliki potensi keuntungan besar namun kita tidak memiliki kemampuan menjalankan, hasilnya sama saja. Idealnya pemilihan jenis usaha adalah yang sesuai dengan kemampuan , minat dan tentunya bisnis yang mendatangkan keuntungan.

Memilih jenis usaha apa yang akan ditekuni bisa jadi merupakan proses yang cukup rumit dan memakan resource tersendiri. Terlalu lama memikirkan dan menimbang-nimbang jenis bisnis yang akan ditekuni bisa membuat usaha bisnis tidak segera terlaksana. Namun terlalu cepat mengambil keputusan tanpa pertimbangan masak juga tindakan sia-sia. Ada baiknya anda menuliskan atau membuat daftar ide bisnis yang ada dalam pikiran berikut penjabaran nilai plus minusnya. Penting dicatat adalah berani mengambil langkah memulai usaha di saat yang tepat.

Sebelum mengambil keputusan untuk memilih jenis usaha yang akan dilaksanakan dari berbagai ide bisnis, ada beberapa tips langkah dalam memlih jenis usaha yang penting dilakukan :

1. Bertanya kepada orang dekat
Orang terdekat merupakan orang yang tahu betul dengan kemampuan dan potensi diri kita, sehingga masukannya sangat bermanfaat. Namun perlu jeli memilih orang yang akan dijadikan tempat bertanya, jika orang yang ditanya tipe orang pesimis bisa jadi akan menghalangi niat kita untuk memulai usaha. Kemukanan ide bisnis anda kepada orang tersebut, kemukakan pula detail ide bisnisnya jika anda sudah mengetahuinya. Orang lain akan menjadi second opinion dari ide bisnis yang anda miliki, sehingga pilihan jenis usaha yang akan anda pilih bebas dari subjektifitas.

2. Melihat Trend bisnis yang sedang berkembang
Ide bisnis bisa dimulai dari proses pengamatan bisnis dan peluang usaha di sekitar kita. Mulailah belajar menjadi pengamat yang baik. Lihat semua aspek yang terlihat dari mereka yang sudah menjalankan suatu bisnis tertentu. Dengan begitu , pelan-pelan sense anda untuk memilih usaha yang sesuai akan terbagun. Bisnis yang sedang trend menawarkan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Selain dari ide bisnis yang sedang trend juga penting untuk diamati kebutuhan lingkungan sekitar anda.

3. Mengumpulkan informasi tertulis
Berkunjunglah ke toko buku , perpustakaan . Saat ini ada banyak buku dan tulisan tentang kewirausahaan disana. Segudang ide bisnis banyak anda temui di media tersebut. Pilihlah salah satu yang sifatnya lebih umum ketika awal anda memulai. Jika nantinya anda sudah bisa menentukan pilihan usaha, baru anda beli buku yang khusus membahas pilihan jenis usaha tersebut. Jangan lupa dengan koran dan tabloid, saat ini beberapa media mengkhususkan diri pada topik ini.

4. Mengumpulkan informasi dari internet
Ada banyak informasi bisa diperoleh dari internet, mulai dari artikel , forum diskusi dan lain sebagainya.Melaui media internet anda bisa bertemu langsung dengan orang-orang yang telah berbisnis. Belajar dari pengalaman orang lain melalui internet, mereka bisa menjadi sumber informasi tambahan untuk anda. Internet menjadi sumber ide bisnis jika anda jeli dan tekun mencarinya.

Anda juga bisa bergabung ke mailing list komunitas bisnis, forum diskusi. Media ini merupakan sarana cukup efektif untuk interaksi dua arah yang cukup baik. Orang yang tergabung dalam forum diskusi atau mailing list biasanya terbuka memberiakan masukan dan sharing pengalaman.

5. Mengikuti kursus atau pelatihan bisnis
Jika memang ide bisnis sudah ditemukan maka bisa dipertajam dengan mengikuti kursus atau pelatihan bisnis. Tetapi jika belum memiliki ide bisnis, pelatihan bisnis bisa membantu anda menstimulasi ide-ide bisnis baru. Saat ini semakin banyak kursus atau pelatihan kewirausahaan yang bisa dipilih. Pelatihan ini ada yang bersifat umum sampai detail teknis tentang suatu bisnis tertentu. Mengikuti kursus ini cukup penting bagi anda sebelum memulai usaha.

sumber: http://galeriukm.web.id

Sukai & Bagikan Postingan ini:

Comment For Tips Memilih Jenis Usaha

Artikel Terbaru: